What Happened in January?



Januari sudah berakhir, bulan favorit saya itu telah pergi. Banyak hal yang terjadi selama bulan Januari. Karena sedang mengusung semangat perubahan yang lebih baik lagi untuk Resensi Buku Nisa, saya berharap bisa merutinkan apa yang sudah saya kerjakan di bulan Januari. Salah satunya adalah memberikan wrap-up buku apa saja yang saya beli, buku yang sudah saya baca, dan hal-hal lain berkaitan dengan pencapaian challenge atau apa pun per bulannya.

Saya mulai dengan buku cetak yang saya beli terlebih dahulu. Di bulan Januari, saya sudah membeli beberapa buku (banyak ini mah, untuk seseorang yang lagi diet buku! Ahahaha) yang list-nya ada di sini:

1. P.S. I Like You by Kasie West
2. Asa Ayuni by Dyah Rinni
3. Bulan by Tere Liye
4. The Number You Are Trying to Reach is Not Reachable by Adara Kirana
5. Semua Ikan di Langit by Ziggy Zesyazeoviennazabrizkie
6. Bajak Laut & Purnama Terakhir by Adhitya Mulya
7. Me and Earl and The Dying Girl by Jesse Andrews

Untuk punishment (saya lagi buat program Nabung Untuk Buku yang bisa dilihat di sini), yang nomor 7 belum saya masukkan celengan, soalnya belinya juga baru semalam dan kehabisan uang jajan nih, wkwkwk. Nunggu sore nanti gajian dulu baru dimasukkan.

Di antara buku-buku itu, artinya 4 dari 9 wishlist saya di bulan Januari (baca: January Wishlist) sudah terkabul, alhamdulillah.

Buku-buku yang sudah saya baca bulan Januari, berikut adalah rekapannya:

10. Sky by Aiu Ahra (3/5)

Dari rating yang saya berikan, saya cukup senang karena di awal tahun, saya sudah menemukan banyak buku bagus dan belum kena zonk dengan buku-buku yang kurang maupun tidak bagus (versi saya). Namun, belum ada buku yang benar-benar waw dan berkesan dalam hingga saya rela memberikan bintang lima padanya. Padahal, saya cukup ramah lho dalam memberikan bintang. Ada dua buku yang paling berkesan bagi saya, yang pertama, Apa Pun Selain Hujan, dan kedua, 9 November. Di antara kedua buku itu, yang saya nobatkan sebagai terfavorit adalah...




Karena di Nabung Untuk Buku sudah saya jelaskan tentang tantangan Read and Keep Challenge, saya bertekad menabung sepuluh ribu rupiah untuk satu buku yang saya baca, baik itu e-book, ataupun buku cetak. Per tanggal 1 Februari ini, saya utang 3 buku yang belum dibayar, wkwkwk. Ditunggu nanti sore, ya? Saya bakal bayar, kok.

Namun sayangnya, dari list buku bacaan saya di bulan Januari, belum ada satu pun buku yang kelar saya baca dari Soon to be Read in 2017 (tautan untuk list-nya ada di sini). Saya sudah mulai baca Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto dan belum selesai, karena bukunya tebal sekali dan bukan tipe buku yang bisa dibaca sekali duduk. Harus pelan-pelan dan banyak jedanya supaya bisa meresapi.

Selain itu juga, di bulan Januari, saya berulang tahun. Sebagai hadiah untuk diri sendiri, saya beli tab khusus buat baca buku (karena harga kindle mahal dan nggak tahu di mana di sini yang jual orz). Dan ini bekerja ampuh untuk menaikkan mood baca saya hingga berhasil membuat saya kecanduan sama buku digital, hahaha. Padahal, saya dulunya kurang begitu suka baca e-book. Mungkin karena jam-jam membaca itu tengah malam, dan kamar harus dimatikan lampunya, jadi saya nggak bisa baca buku cetak. Dan buku digital ini sangat membantu sekali..., (membantu memberikan kontribusi pada mata panda akibat terlalu sering begadang, wkwwk.)

Bulan Januari juga menjadi bulan yang spesial karena Resensi Buku Nisa dipercaya menjadi host beberapa blogtour. Total bulan ini ada 3, yakni yang pertama Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang, lalu When Love is Not Enough, yang terakhir Infinity. Terima kasih kepada teman-teman blogger yang mempercayakan saya untuk terlibat dalam kegiatan. Terima kasih juga kepada penulis dan penerbit yang memberikan kepercayaan untuk saya.

Dan karena Januari saya ulang tahun, terima kasih kepada teman-teman yang turut menyumbangkan buku bagi rak buku saya di rumah :D. Terima kasih buat Ari untuk kado Matahari-nya, plus tanda-tangan Tere Liye (plus sedikit memaksa untuk ikutan acara Tere Liye di kotanya, wkwkwk). Terima kasih buat Misyel yang sudah kado buku (entah ada beberapa buku itu aku nggak sempat hitung tapi yang jelas banyak) dari hasil jarahannya ikutan Kampus Fiksi, plus gantungan kunci Gryffindor-nya buat aku. Makasih banget pokoknya. Makasih, makasih :D.

Satu hal yang patut saya syukuri di bulan Januari adalah, saya berhasil memenuhi challenge menulis 30000 kata dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. Dan challenge itu tidak membuat semangat membaca saya kendor. Hanya saja, akhirnya porsi ngeblog jadi berkurang drastis. Saya utang beberapa review-an yang belum saya bayar, maakan ya *sungkem*. Dan juga, doakan tulisan saya itu bakal mendapatkan tempat yang terbaik dan memiliki momennya tersendiri.

Itu dia rekapan yang terjadi selama bulan Januari. Besar harapan saya, Februari akan jauh lebih baik lagi.


____

0 komentar:

Post a Comment

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (40) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)